BIMBINGAN TEKNK PENULISAN ARTIKEL DAN ESAI

Dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pendidik SMA Negeri 1 Purworejo pada Tahun Pelajaran 2021/2022, SMA Negeri 1 Purworejo memprogramkan Bimbingan Teknik penulisan artikel dan esai. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi literasi khususnya litersi membaca dan menulis bagi para guru SMA 1 Purworejo.

Sebagaimana di ketahui bahwa sebagai pendukung Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) setiap tenaga pendidik harus mampu dalam menyusun tulisan, menentukan tema yang menarik, mengembangkan tema karya ilmiah, dan memiliki kemampuan dalam metodologi penelitian, sehingga dapat memahami teknik penulisan dan pelaporan yang pada akhirnya dapat menyusun publikasi ilmiah.

Dengan mengusung tema “”Bergerak Bersama Menuju Terwujudnya Kompetensi Menulis bagi Guru SMA Negeri 1 Purworejo”Hasil yang diharapkan dari kegiatan Bimbingan Teknis Menulis Semester Genap Tahun Pelajaran 2021 / 2022 adalah :

1. Meningkatnya motivasi tenaga pendidik untuk menjadi teladan khususnya dalam literasi membaca dan menulis dan memberikan pelayanan kepada peserta didik.

2. Meningkatnya kemampuan tenaga pendidik dalam menyusun tulisan untuk peningkatan profesionalitas tenaga pendidik.

3. Tersusunnya dan terbentuknya publikasi ilmiah untuk penilaian karya tulis ilmiah bagi tenaga pendidik.

Pelatihan secara daring (online) wajib diikiuti oleh 70 peserta yang merupakan bapak/ibu guru SMA N 1 Purworejo dibuka secara langsung pada hari Rabu, 2 Maret 2022 di Ruang Multimedia oleh Kepala Sekolah Bapak Nur Aziz, S.Pd, M.Pd. B.I, dilanjutkan materi inti selama 2 hari dan penugasan mandiri selama 2 hari. Total waktu pelaksanaan Bimbingan Teknik 32 jam (tanggal 2-5 Maret 2022) dengan narasumber tunggal pengawas SMA Cabang Dinas Wilayah VIII Provinsi Jawa Tengah, Ibu Dra. Puji Handayani, M.Pd. Hasil yang diharapkan setelah proses pelatihan dan pembimbingan secara intensif akan terwujud publikasi ilmiah karya bapak/ibu guru di SMA Negeri purworejo yang Unggul, Berkarakter, Mendunia.

sumber: http://mejahijau.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *